Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Pengertian Wifi

Tahukah  Anda apa pengertian wifi? Wifi adalah nama komersial dari wireless fidelity. Wifi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan komunikasi antara beragam perangkat digital. Melalui wifi, Anda dapat terkoneksi ke internet tanpa harus menghubungkan perangkat yang Anda gunakan dengan kabel.

Wifi memegang perananan penting dalam hampir seluruh aspek kehidupan manusia modern. Wifi sangat dibutuhkan, dari mulai mengakses informasi hingga mentransfer data penting. Semakin modern kehidupan manusia, semakin tinggi kebutuhan akan wifi yang jangkauannya luas, mudah diakses, dan murah biayanya.

Sejarah Wifi

Kapankah wifi ditemukan? Wifi muncul ke publik dan dirilis secara komersial di tahun 1997. Pada saat itu, jaringan wireless bernama 802.11 dibentuk oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). 2 tahun kemudian, muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data sampai 11 Mbps.

Munculnya wireless B tidak serta merta membuat teknologi ini sempurna. Terdapat kekurangan pada frekuensi operasi yang masih berada di angka 2,4 GHz. Frekuensi ini banyak digunakan oleh alat rumah tangga, contohnya oven micorwave. Akibatnya, sinyal wifi ini akan mudah terganggu dan tidak akan bekerja optimal.

Hari ini ini pun oven microwave masih berkontribusi terhadap gangguan sinyal wifi jika Anda menyimpan modem/router yang berada dekat dengan alat tersebut. Pada tahun 2003, Wireless G muncul dengan transfer data maksimal hingga 54 Mbps. Sayangnya, wifi tersebut masih beroperasi di frekuensi 2,4 GHz.

Dari sini, Anda pasti sudah menyangka bahwa perkembangan wifi adalah menyoal seberapa cepat kecepatan transfer dan frekuensi mana yang digunakan. Di tahun 2009, Wireless N muncul dengan transfer data maksimal hingga 300 Mbp pada 2 antena dan 450 Mps pada 3 antena. Jangkauannya pun lebih luas dari wifi sebelumnya.

Baru di tahun 2014, kecepatan transfer data maksimal wifi (Wireless AC) mampu mencapai 500 Mbps pada frekuensi 5 GHz. Konsekuensinya, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan disrupsi sinyal 2,4 GHz jika menggunakan wifi ini. Di masa depan, diyakini wifi masih bisa berkembang menjadi lebih cepat dan lebih luas.

Cara Kerja Wifi

Setelah mengetahui pengertian wifi, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana wifi bekerja. Berbeda dengan koneksi berkabel, wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Untuk mendapatkan dan mendeteksi sinyal wifi, sebuah perangkat elektronik harus memiliki wireless adaptor. Tanpanya mustahil bisa terkoneksi.

Dikutip dari CCM, perangkat dengan adaptor wireless tersebut akan menerjemahkan data yang dikirim dalam bentul sinyal radio. Sinyal ini akan dikirimkan melalui antena ke router. Setelah sinyal tersebut berhasil diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui ethernet.

Wifi merupakan jaringan dua arah. Data yang diterima dari jaringan internet pasti akan melewati router. Hal tersebut terjadi dengan tujuan untuk dijadikan ke dalam bentul sinyal radio yang kemudian akan diterima oleh ponsel, laptop, dan perangkat lain yang memiliki adaptor wireless.

Alat yang Menggunakan Teknologi Wifi

Sejarah Wifi

Alat-alat apa saja yang menggunakan teknologi wifi? Sejak pertama kali ditemukan dan digunakan, alat-alat yang menggunakan teknologi wifi kian hari kian berkembang dan semakin banyak. Di tahun ini, hampir semua perangkat yang bisa menggunakan modem/router bisa menggunakan wifi.

Dengan demikian, laptop, komputer, tablet, ponsel pintar, dan perangkat lainnya bisa menggunakan wifi. Wifi pun bisa digunakan dengan menggunakan USB dongles. Bukan tidak mungkin di masa depan, alat-alat elektronik yang bisa menggunakan teknologi wifi semakin banyak.

Manfaat Wifi

Fleksibilitas wifi membuatnya menjadi semacam kebutuhan sehari-hari yang mustahil untuk diabaikan.Wifi tidak hanya bermanfaat dalam pembentukan jaringan bisnis profesional saja. Ada banyak manfaat wifi yang bisa Anda rasakan saat ini. Berikut adalah 3 manfaat wifi yang kian hari kian penting dan bisa Anda rasakan setiap hari.

Baca Juga: Cara Mengganti Pasword Wifi

1. Mempermudah Transfer Data

Tidak perlu kabel atau perangkat tambahan seperti USB atau HDD eksternal, melalui jaringan wifi, Anda bisa berbagi data secara langsung tanpa harus colok sana colok sini. Akibatnya, proses bagi data menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan banyak kabel atau penggunaan perangkat lain.

2. Mempermudah Akses Jaringan

Jika Anda tidak menggunakan wifi, Anda harus membuat rancangan jaringan yang kompleks dan melibatkan banyak kabel. Dengan wifi, cukup menggunakan router dan akses poin, semua perangkat yang ada dalam ruangan (komersial/non-komersial) dapat terhubung dengan mudah, cepat, dan praktis.

3. Mempermudah Koneksi Internet

Paket data habis, butuh koneksi internet gratis? Jika ya, cari saja hotspot wifi yang sudah tersebar di area publik. Asalkan ponsel dan laptop Anda memilih adaptor wireless terkoneksi ke dunia maya menjadi tidak sulit.

Teknologi wifi ini memang teknologi yang kian hari kian penting dan masih dapat berkembang.

Manfaat wifi pun sangat besar dan semakin hari semakin sulit untuk dilepaskan dari berbagai aspek kehidupan manusia modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *