Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Kelebihan Kekurangan Windows 10

3 min read

kekurangan dan kelebihan windows 10

Ketahuilah kelebihan dan kekurangan Windows 10 sebelum memutuskan untuk membeli, meng-upgrade, dan menggunakannya. Pada umumnya, Windows 10 mendapatkan respons dan penilaian yang baik dari para penguna dan kritikus. Namun, hal tersebut tidak membuat sistem operasi dari Microsoft tersebut tanpa cela.

Windows 10 mendapatkan apresiasi karena mampu meningkatkan user interface dan performanya dari edisi Windows sebelumnya. Fitur asisten virtual, Cortana pun mendapatkan ulasan yang baik. Kendati demikian, Windows 10 juga mendapatkan beberapa keluhan, terutama soal update dan harga yang tidak murah.

Windows 10 Mendapatkan Respons Positif

Windows 10 mendapatkan banyak respons positif ketika pertama kali dirilis. Selain dirilis dengan opsi upgrade gratis dari Windows edisi sebelumnya, Windows 10 dianggap memiliki performa dan user inteface yang lebih baik dari edisi Windows sebelumnya. Windows 10 terasa familiar, responsif, dan mudah untuk dimengerti.

Beberapa fitur baru Windows 10 ketika pertama kali dirilis pun mendapatkan penilaian yang baik. Beberapa fitur baru tersebut diantaranya Game Mode, Focus Assist, Dark Mode, Timeline, dan Cloud Clipboard. Diantara beragam fitur baru tersebut, fitur asisten virtual, Cortana cukup mencuri perhatian.

Pesimisme dan skeptisme muncul terkait fungsional atau tidaknya Cortana. Bagi yang tidak berniat atau jarang menggunakan fitur asisten virtual, hal tersebut wajar saja. Namun, bagi Anda yang terbiasa menggunakan fitur asisten virtual, performa Cortana pada Windows 10 tidak dapat diremehkan.

Melalui Cortana, Anda bisa melakukan web queries, mengatur jadwal pada kalender, membuat nota dan pengingat, mengontrol media, mendapatkan arahan peta, dan melakukan perintah lainnya. Hal positif lainnya dari asisten virtual tersebut adalah Anda juga dapat mengsinkronisasi Cortana dengan perangkat Android dan iPhone.

Yang Terbaru dari Windows 10 Update

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Windows 10, tidak ada salahnya untuk membahas mengenai beragam fitur baru hasil update Windows 10 hingga update Mei 2019. Dikutip dari PCMag Asia (sea.pcmag.com), berikut adalah beberapa fitur baru Windows 10 hasil update hingga Mei 2019.

Theme dan Desktop Background Baru

Theme dan desktop backgound pada Windows 10 terlihat lebih baik, terasa lebih ringan, dan dilengkapi dengan lebih banyak elemen interface. Desktop background tersebut mampu bekerja baik pada mode gelap dan terang. Selain mode terang dan gelap, Anda juga bisa memilih mode custom personalization.

Lebih Banyak Update untuk App

Windows 10 menyediakan banyak pembaruan untuk beragam app bawaannya. Yang paling membahagiakan adalah update Mei 2019 membuat Anda bisa menghilangkan lebih banyak aplikasi bawaan.

Opsi Update yang Baru

Windows dapat melakukan backup otomatis ketika Anda tidak menggunakan komputer. Anda juga bisa mem-pause dan men-delay update fitur sampai satu tahun. Sementara untuk quality update bisa sampai satu bulan.

Anjuran Troubleshooting

Kini, fitur teroubleshooting yang sudah diperbarui menyertakan seksi Recommended. Seksi tersebut dapat membuat komputer bekerja lebih mulus.

Back Up dan Sync Folder ke OneDrive

Anda dapat mem-back up dan mengsinkronisasi folder Desktop, Document, dan Photos ke OneDrive.

Your Phone

Anda bisa mengakses foto dan pesan teks dari ponsel Android di komputer Anda.

Panel Pencarian Baru

Terdapat beragam opsi pencarian baru, diantaranya Apps, Settings, Documents, Photos, dan Web. Hasil pencariannya pun akan menawarkan membuka lokasi file atau folder.

Kualitas Keamanan yang Meningkat

Windows Defender Security Center kini dinamai Windows Security. Fitur keamanan tersebut kini memberikan laporan yang jelas mengenai perangkat, virus, browser, jaringan, dan proteksi akun.

Kelebihan Windows 10

Beragam fitur baru yang ditawarkan Microsoft untuk pengguna Windows 10 memang sangat menggiurkan untuk dicoba. Namun, apakah beragam hal baru tersebut cukup untuk membuat Windows 10 lebih baik dari edisi Windows sebelumnya serta apa saja kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut?

Fitur dan Performa yang Lebih Baik

Dibandingkan dengan Windows edisi sebelumnya, Windows 10 memiliki fitur yang lebih baik, lebih banyak, dengan performa yang juga lebih baik. Microsoft berhasil membuat Windows 10 bekerja lebih cepat. Begitu juga dengan user interface-nya yang lebih mudah untuk dipahami dan dikuasai.

Fitur yang ditawarkan juga lebih modern. Microsoft membuat beberapa pembaruan pada fitur dan program. Beberapa pembaruan berhasil membuat pengguna mampu mengakses beragam pengaturan dengan mudah. Windows 10 juga menyediakan beragam program dan fitur bawaan yang paling tidak fungsional.

Kualitas Keamanan yang Meningkat

Windows 10 akan memberikan Anda ketenangan lebih. Microsoft berhasil memperbarui fitur keamanan Windows 10. Windows 10 menyediakan fitur keamanan dan privasi yang canggih, diantaranya fingerprint dan retina scanner. Untuk urusan anti-virus dan anti-malware pun, Windows Defender yang tersedia cukup ampuh.

Pada dasarnya update Windows 10 ini adalah perbaikan baik dari segi keamanan maupun perbaikan bug.

Cocok untuk Gamer

Adanya Game Mode pada Windows 10 membuat para gamer dan bermain game dengan performa dan pengalaman bermain yang lebih baik. Selain itu, Windows 10 juga sudah dilengkapi dengan DirectX 12 yang akan memberikan kualitas grafik terkini dan teroptimal, tentunya dengan kartu grafis dan harware lain yang mendukung.

Kekurangan Windows 10

Update yang Terlalu Sering

Kekurangan utama yang banyak dikeluhkan oleh pengguna Windows 10 adalah update atau pembaruan sistem yang dianggap terlalu sering. Pembaruan yang terjadi pun kerap datang di waktu acak dan menghambat kerja yang sedang dilakukan. Akibatnya, terkesan Microsoft memaksakan pembaruan tersebut. Kalau Anda tidak ingin ada update silahkan baca Cara Memetikan Update Windows 10.

Beberapa Update Justru Menyebabkan Masalah

Selain update yang terlalu sering, pembaruan yang muncul pun tidak sedikit yang mengakibatkan ketikdakcocokkan dengan driver hardware. Akibatnya, terjadi masalah pada kerja harware atau sistem. Beberapa waktu yang lalu ada laporan yang menyatakan update Windows 10 membuat beberapa data hilang.

Harga yang (Kini) Tidak Murah

Saat ini, Windows 10 tidak lagi bisa didapatkan secara gratis sebagaimana di awal kemunculannya beberapa tahun silam. Akibatnya, Anda yang akan meng-upgrade atau membeli Windows 10 harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tidak sedikit juga orang yang tidak jadi menggunakan Windows 10 karena hal tersebut.

Ke-3 kelebihan dan kekurangan Windows 10 tersebut dapat Anda rasakan hingga saat ini. Untungnya, kekurangan Windows 10 tidak begitu berdampak signifikan. Untuk urusan update, selama Anda memiliki koneksi internet yang baik, tidak perlu khawatir kejadian gagal download atau lama update terjadi.

Terdapat juga beberapa trik yang membuat Anda bisa mematikan fitur update atau membatasi fitur tersebut agar tidak bekerja otomatis. Pada umumnya, Windows 10 mampu menjadi edisi Windows yang memuaskan sejauh ini. Dengan kata lain, Windows 10 lebih baik dari 2 pendahulunya yaitu Windows 7 dan Windows 8.

Dengan mengetahui ke-3 kelebihan dan kekurangan Windows 10 tersebut, Anda bisa menjadi lebih bijak apakah akan membeli dan menggunakannya atau tidak. Jika uang tidak menjadi masalah, maka membeli Windows 10 merupakan hal yang patut untuk segera dilakukan.

Baca juga  Cara Mempercepat Windows 10
Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *