Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Cara Upgrade Windows 7 ke 10

2 min read

upgrade windows 7 ke windows 10

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Semakin hari, bermigrasi ke Windows 10 menjadi sesuatu yang harus disegerakan. Overall, Windows 10 memang lebih baik dari Windows edisi sebelumnya. Cara upgrade Windows 7 ke 10 akan menggunakan Media Creation Tool.

Media Creation Tool tidak hanya tersedia di Windows 7, tetapi juga di Windows 8.1. Kendati periode upgrade sudah selesai 3 tahun yang lalu, terdapat cara untuk melakukan upgrade dari Windows 7 dan 8.1 ke Windows 10. Cara upgrade tersebut melibatkan Media Creation Tool yang akan Anda simak selanjutnya.

Windows 7 Akan Berakhir di Awal Tahun 2020

Tidak mudah memang bermigrasi dari sistem operasi yang sudah terpasang sejak lama. Anda pun sudah terbiasa dengan tampilan dan beragam fitur Windows 7 yang setiap hari Anda lihat dan gunakan. Namun, kabar buruk untuk pengguna Windows 7, Microsoft akan mengakhiri dukungannya terhadap Windows 7 pada tahun 2020.

Pasca 14 Januari 2020, seluruh pembaruan tidak akan lagi muncul pada sistem operasi yang pertama kali muncul pada tahun 2009 tersebut. Namun, akhir tersebut bukan berarti Anda tidak akan bisa menggunakan Windows 7. Hanya saja, jika terdapat masalah atau isu-isu yang mengganggu, Microsoft tidak akan melakukan pembaruan.

Dengan berakhirnya dukungan Microsoft untuk Windows 7 tahun depan, tentu para penggunanya harus sudah memikirkan akan bermigrasi ke mana, apakah Windows 8.1 atau Windows 10. Windows 10 merupakan pilihan terbaik jika dilihat dari performa dan jangka waktu dukungan Microsoft.

Sebelum Lakukan Upgrade

Sebelum melakukan upgrading, pastikan PC Anda memenuhi beberapa hal.

Memenuhi hardware requirements minimum.

  • Windows 7 sudah ter-update ke versi terbaru (Service Pack 1).
  • Memiliki product key Windows 10 yang valid.
  • Melakukan full backup sistem Widnows 7.
  • Agar Windows 10 dapat bekerja dengan semestinya dan optimal, pastikan Anda memiliki hardware yang memenuhi persyaratan.

Berikut adalah hardware requirements minimum untuk Windows 10.

  • Prosesor: 1GHz atau prosesor yang lebih cepat.
  • RAM: 1GB untuk 32-bit atau 2GB untuk 64-bit.
  • Harddisk: 16GB untuk 32-bit atau 20GB untuk 64-bit.
  • Kartu grafis: DirecX 9 atau versi terbaru dengan WDDM 1.0 driver.
  • Display: 800×600.

Setelah hardware memenuhi, pastikan sistem pada Windows 7 Anda sudah terupdate. Dengan kata lain Windows 7 yang Anda gunakan merupakan versi paling baru. Jika belum, segera lakukan update sistem. Setelah update, pastikan Anda juga memiliki product key Windows 10 yang valid.

Anda tidak akan lagi menggunakan product key Windows 7. Dengan memenuhi semua persyaratan di atas, Anda akan terhindar dari beberapa masalah ketika melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Sebelum Anda mengetahui cara upgrade Windows 7 ke 10, direkomendasikan untuk melakukan full backup terlebih dahulu.

Lakukan Backup Sistem Terlebih Dahulu

Backup sistem secara menyeluruh dilakukan untuk memperlancar proses upgrade sekaligus mengamankan sistem dari beragam risiko kegagalan upgrade. Jika terjadi masalah dalam proses, maka Anda tidak perlu kebingungan mengatasinya. Kembalikan saja sistem ke posisi sebelumnya (backup).

Baca juga  Cara Aktivasi Windows 10

Rekomendasi untuk melakukan backup bukan berarti proses upgrade bermasalah atau sulit. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Proses upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 pada umumnya dapat dikatakan mulus-mulus saja tanpa banyak gangguan berarti.

Untuk melakukan backup secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan System Image Backup tool. Dengan alat tersebut, Anda dapat melakukan backup sistem pada komputer secara menyeluruh. Anda tidak perlu mencari tool tersebut kesana kemari karena tool tersebut sudah tersedia di Windows 7 dan Windows 8.1

Panduan Upgrade Windows 7 ke Windows 10

Setelah melakukan backup sistem secara menyeluruh, saatnya Anda melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Sebelumnya, lakukan ke-2 hal berikut terlebih dahulu.

Uninstall software yang mungkin mengganggu proses upgrade. Beberapa software yang direkomendasikan untuk di-uninstall terlebih dahulu adalah antivirus, software keamanan, software pihak ketiga yang sudah berumur atau tidak pernah di-update.

Cabut atau disconnect hardware eksternal, diantaranya USB, printer, dan HDD eksternal. Hardware-hardware eksternal yang masih terpasang tersebut bisa menjadi alasan kenapa proses upgrade gagal.

Setelah semua persiapan dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan upgrade. Berdasarkan Pureinfotech (pureinfotech.com), berikut adalah panduan cara upgrade Windows 7 ke 10 menggunakan Media Creation Tool.

  • Download Media Creation Tool dari Microsoft.
  • Klik Download tool now untuk menyimpan penginstal di perangkat Anda.
  • Double klik MediaCreationTool.exe.
  • Klik Accept untuk menyetujui licensing agreement.
  • Pilih opsi Upgrade this PC now untuk men-download files dan memulai proses upgrade.

Windows Media Creation tool

  • Klik Next.
  • Ketik product key Windows 10 yang valid untuk edisi yang Anda coba upgarde.
  • Klik Next.
  • Klik Accept untuk menyetujui kembali licensing agreement.
  • Anda bisa memilih Change what to keep langsung setuju dengan opsi Keep personal files and apps.
  • Klik Install.

Setelah proses instalasi selesai, Anda akan memasuki proses yang disebut OOBE atau easy out-of-box-experience. Selesaikan proses tersebut dan lakukan pengaturan Windows 10 yang Anda inginkan. Jika semua sudah beres, Anda akan masuk ke Windows 10 dengan beragam fitur baru yang siap Anda jelajahi.

Cara upgrade Windows 7 ke 10 menggunakan Media Creation Tool merupakan cara upgrade legal yang masih bekerja dengan baik hingga saat ini. Terdapat beberapa cara upgrade yang sudah tidak bisa lagi diaplikasikan. Cara tersebut hanya dapat diaplikasikan pada Windows 7 asli original.

Jika Anda gagal melakukan upgrade, Anda bisa langsung mengikuti Cara Install Windows 10 yang secara khusus kami bahas.

Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *