Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Cara Install NET Framework 3.5 Windows 10

2 min read

Instal NET Framework 3.5

Jika Windows 10 sudah menyediakan NET Framework versi 4.5, kenapa masih banyak orang yang mencari NET Framework 3.5 untuk Windows 10? Ternyata, ada beberapa aplikasi yang masih membutuhkan NET Framework 3.5 untuk berjalan optimal. Terdapat beberapa metode atau cara install NET Framework 3.5 Windows 10.

Paling tidak, terdapat 4 cara untuk menginstal NET Framework 3.5 di Windows 10. Ke-4 cara tersebut adalah melalui Command Line (DISM), melalui Powershell, melalui Server Manager (GUI), dan menggunakan Offline Installer. Cara terakhir merupakan cara yang dapat dikatakan cara yang paling mudah dan cepat dilakukan.

NET Framework Dibutuhkan untuk Menjalankan Aplikasi dan Game

Jika Anda lupa, tidak tahu, atau masih bingung apa itu NET Framework, maka Anda perlu menyimak penjelasan mengenai hal tersebut lebih jauh. NET Framework adalah framework yang digunakan untuk menjalankan NET software di sistem operasi Windows. Tanpanya, aplikasi tersebut tidak bisa berjalan.

Anda mungkin pernah mengalami kejadian dimana beberapa aplikasi tidak bisa berjalan karena tidak adanya NET Framework di Windows Anda. Beberapa game juga membutuhkan NET Framework untuk dapat dimainkan. Memang untuk aplikasi baru atau yang sudah mengalami banyak pembaruan, hal tersebut jarang terjadi.

Namun, untuk aplikasi dan game lama, NET Framework 3.5 masih dibutuhkan. Hal tersebut membuat NET Framework 3.5 masih relevan digunakan di Windows 10. NET Framework pada PC Anda memegang peranan penting dalam hal membuka dan menjalankan beberapa aplikasi.

Sebenarnya, Windows 10 dan edisi sebelumnya memiliki mekanisme men-download NET Framework 3.5 secara otomatis. Opsi men-download otomatis tersebut muncul jika Anda berusaha membuka atau menjalankan game atau aplikasi yang membutuhkan NET Framework 3.5 dimana Anda tidak memilikinya.

Windows akan memberitahu Anda mengenai keharusan untuk menggunakan NET Framework 3.5. Anda bisa mengikuti prosedur atau memilih menginstalnya sendiri dengan 2 metode yang akan Anda simak selanjutnya. Menginstal dengan 2 metode jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mengikuti prosedur Windows.

Cara Instal NET Framework 3.5 Menggunakan Offline Installer

Cara instal NET Framework 3.5 menggunakan offline installer merupakan cara yang sangat mudah dan cepat. Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet. Melalui metode ini Anda tidak membutuhkan persyaratan lainnya. Berdasarkan Gadgetren (gadgetren.com), berikut adalah cara instal NET Framework 3.5 pada Windows 10.

  • Download NET Framework 3.5.
  • Setelah selesai di-download, buka file tersebut.
  • Lakukan instalasi sesuai dengan petunjuk dan prosedur yang tersedia.
  • Proses selesai dan Anda kini sudah memiliki NET Framework 3.5 di Windows 10.

Kadangkala, Anda lupa jika sebenarnya NET Framework 3.5 sudah terinstal dan karena satu dan lain hal tidak sengaja di non-aktifkan. Atau bahkan, Anda bingung apakah sebelumnya sudah menginstal NET Frameowrk 3.5 atau belum. Untuk memeriksa hal tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Bukan Run dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Ketik appwiz.cpl. Kemudian, tekan Enter.
  • Pada Programs and Features, klik Turn Windows features on or off.
  • Periksa versi NET Framework Anda yang tersedia pada layar.
  • Jika NET Framework 3.5 sudah ada, maka aktifkan lalu klik OK.
  • Ikuti prosedur untuk menyelesaikan proses aktivasi.

Cara Instal NET Framework 3.5 Melalui DISM

Selain menggunakan offline installer, Anda juga bisa melalui DISM. Metode instalasi NET Framework 3.5 dengan DISM ini membutuhkan DVD Windows 10 atau flash drive dengan Windows 20 di dalamnya. Anda juga bisa menggunakan file ISO. Anda tidak membutuhkan semuanya, cukup salah satu.

Berdasarkan Winaero (winaero.com), berikut adalah langkah-langkah cara install NET Framework 3.5 Windows 10 melalui DISM.

  • Masukkan DVD Windows 10, atau double klik ISO Image, atau masukkan flash drive bootable yang berisi Windows 10. Silakan pilih salah satu opsi tersebut.
  • Buka This PC di File Explorer dan perhatikan drive media instalasi yang muncul. Di gambar media instalasi tersebut muncul di drive D. Drive tersebut bisa berbeda bergantung masing-masing pengguna.
  • Buka Command Prompt sebagai Administrator. Caranya adalah dengan menekan Windows + X pada keyboard. Kemudian tekan C atau pilih opsi Command Prompt (Admin).
  • Copy-paste atau ketik command berikut:
  • Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs /LimitAccess
  • Source:D di atas merupakan contoh. Ganti dengan drive media instalasi di komputer Anda, misalkan drive F, maka source-nya menjadi Source:F.
  • Tekan Enter.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai 100%.
  • Selamat, Anda berhasil menginstal NET Framework 3.5 di Windows 10.

Anda dapat mengaplikasikan ke-2 cara install NET Framework 3.5 Windows 10 tersebut dengan mudah. Selain itu, kedua cara tersebut merupakan cara yang paling populer. Artinya banyak orang sudah mencoba dan berhasil. Jika terjadi kesalahan atau gangguan periksa lagi apakah ada prosedur yang terlewatkan.

Baca juga  Cara Mematikan Update Windows 10
Brian Alvin Sya Brian, melalaui blog ini Saya mencoba menuangkan hobi saya di dunia teknologi seputar Windows, Android, iOS dan lainnya melalui tulisan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *